Cara Agar Cepat Hamil, Tanda Tanda Hamil, Ciri Ciri Hamil, Cara Menggunakan Testpack, Suplemen Makanan Ibu Hamil, Cara Mencegah Kehamilan, Model Baju Ibu Hamil

Saturday, December 20, 2014

Cara Menghitung Dan Mengetahui Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Dan Mengetahui Masa Subur Wanita – Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami dan istri yang baru menikah. Untuk mendapatkan kehamilan, tentunya seorang wanita harus bisa menghitung tanggal berapa dia berada pada saat masa subur. Sehingga dengan beberapa kali berhubungan pada tanggal tersebut, maka akan bisa didapatkan kehamilan yang positif.

Untuk menghitung kapan tanggal masa subur seorang wanita, ada beberapa hal yang harus saya jelaskan terlebih dahulu mengenai siklus menstruasi seorang wanita dan juga mengnai kondisi ovum seorang wanita pada siklus menstruasi tersebut.

Cara Menghitung Tanggal Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Tanggal Masa Subur Wanita
Kalender Masa Subur

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi, maka wanita tersebut meluruhkan ovum dan pada saat itu sel telur atau ovum tidak ada dalam rahim. Selang beberapa hari, maka akan terjadi proses pembuatan sel telur selama 7-10 hari sehingga didapatkan ovum atau sel telur dalam kondisi yang matang dan siap untuk dibuahi. Setelah itu, ovum akan mengalami masa menuju peluruhan sel selama 10-12 hari. Dan setelah itu akan kembali pada masa menstruasi yang merupakan peluruhan sel telur atau ovum.

Dari sedikit deskripsi singkat tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa masa subur wanita adalah berkisar antara 5-10 hari setelah masa menstruasi wanita. Jadi bila dihitung mulai tanggal awal menstruasi yang diasumsikan selama 5 hari, maka masa subur wanita adalah hari ke-10 sampai hari ke-15 dihitung mulai pada saat pertama kali menstruasi.

Perhitungan di atas adalah sebuah asumsi atau perkiraan, karena pada umumnya masa menstruasi seseorang berbeda satu sama lain dan juga lamanya menstruasi juga akan berbeda di setiap bulannya. Secara medis, tidak ada metode kimia khusus untuk mengetahui secara pasti tanggal berapa wanita mengalami masa subur, namun berdasarkan tanda tanda tersebut dapat ditentukan perkiraan rentang waktu masa subur seorang wanita.

Di bawah ini saya akan memberikan sebuah ilustrasi bagaimana mengetahui masa subur seorang wanita secara manual :

Hal pertama yang perlu diketahui adalah menentukan masa siklus menstruasi setiap bulannya.

Misal, pada bulan November menstruasi dimulai tanggal 1 November 2014, kemudian pada bulan Desember mendapat menstruasi lagi pada tanggal 1 Desember 2014. Maka dari kondisi tersebut, didapatkan masa siklus menstruasi adalah 30 hari.

Hal kedua yang harus diketahui adalah berapa hari lamanya menstruasi tersebut.

Misal, pada bulan November menstruasi terjadi dari tanggal 1 sampai tanggal 8 . Maka dari kondisi tersebut didapatkan lama hari menstruasi adalah 8 hari.

Dari kedua data tersebut, dapat dihitung masa subur seorang wanita dengan cara sebagai berikut :

Masa siklus menstruasi – lama hari menstruasi
= 30 – 8
= 22 hari

Dari 22 hari tersebut dibagi dengan angka 2, menjadi 11 hari

Dan tanggal puncak masa subur dari ilustrasi tersebut adalah pada hari ke 19 (11+8) dari tanggal menstruasi. Sedangkan rentang waktu untuk masa suburnya adalah plus minus 2 hari, sehingga didapatkan rentang waktu masa suburnya adalah antara hari ke-17 sampai hari ke-21 terhitung sejak tanggal pertama kali menstruasi.

Jadi jika dikembalikan pada ilustrasi menstruasi di atas, maka masa subur wanita tersebut adalah dari tanggal 17 November sampai 21 November 2014.

Deskripsi di atas adalah cara untuk menentukan masa subur wanita secara manual dan perhitungan matematis. Bagi Anda yang merasa masih bingung dengan cara tersebut. Anda bisa memberikan komentar di bawah ini dan memberikan data yang jelas mengenai beberapa hal di atas yang diperlukan dalam perhitungan, yakni masa siklus menstruasi dan lama hari menstruasi.

Atau bagi Anda yang memiliki smartphone Android, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi android yang berfungsi untuk menghitung masa subur. Bagi yang ingin mengetahui aplikasi tersebut, silahkan menuju link halaman di bawah ini :


Demikian informasi dari saya mengenai Cara Menghitung Dan Mengetahui Masa Subur Wanita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang memang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur agar cepat hamil. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Dan Mengetahui Masa Subur Wanita

0 comments:

Post a Comment